16 Pemenang MTQ dan MHQ di Agam Diberangkatkan Umrah

Lubuk Basung - Sebanyak 16 pemenang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) dan Musabaqah Hifzhil Quran (MHQ) di Kabupaten Agam diberangkatkan umrah. Para pemenang ini dijadwalkan berangkat ke tanah suci pada 29 Agustus.


Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat, Sufria Asdel Erianto Spd menyebutkan, Pemerintah Kabupaten Agam terus menunjukkan komitmennya dalam membangun Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang keagamaan. 

Salah satu bukti nyata dari komitmen tersebut katanya, pemerintah daerah memberangkatkan umrah bagi para pemenang MTQ dan MHQ tingkat Kabupaten Agam.

"Keberangkatan pemenang lomba MTQ dan MHQ tahun 2023 ini direncanakan pada 29 Agustus 2024. Peserta yang akan diberangkatkan berjumlah 20 orang yang terdiri atas 8 orang juara I MTQ, 8 orang juara I MHQ dan 3 pendamping," ujarnya.

Bupati Agam, Dr H Andri Warman menyampaikan rasa syukur dan bangga atas prestasi yang diraih oleh para kafilah. Menurutnya, ini merupakan bukti bahwa Kabupaten Agam tidak hanya mampu bersaing, tetapi juga menjadi yang terbaik di Sumatera Barat.

"Saya sangat bangga dengan pencapaian para kafilah kita. Pemberangkatan umrah ini adalah bentuk apresiasi kami atas usaha dan dedikasi mereka dalam menjaga dan mengamalkan ajaran agama," tuturnya.

Lebih lanjut disampaikan, Pemerintah Kabupaten Agam akan terus mendukung kegiatan-kegiatan keagamaan seperti ini sebagai bentuk komitmen dalam membangun masyarakat yang religius dan berakhlak mulia.

Pelepasan jemaah umroh ini sambungnya, menjadi salah satu bentuk penghargaan nyata dari Pemerintah Kabupaten Agam kepada masyarakat yang berprestasi di bidang keagamaan.

“Semoga perjalanan ini menjadi pengalaman spiritual yang berharga bagi para jemaah dan menginspirasi masyarakat lainnya untuk terus berprestasi,”harapnya.

Sementara itu Kakan Kemenag Agam, Dr Thomas Febria, menyatakan bahwa jajarannya juga terus berkomitmen untuk terus membangun SDM keagamaan di Kabupaten Agam. 

"Kelancaran ini tidak terlepas dari dukungan Bupati Agam, yang selalu memberikan support penuh dalam setiap program pembangunan keagamaan di Agam," ujarnya.

Lebih lanjut, Dr Thomas Febria juga menyoroti berbagai prestasi keagamaan lainnya yang diraih Kabupaten Agam. 

"Masjid Nurul Huda di Ampek Angkek dan Masjid Sungai Janiah di Baso telah menerima Anugerah Masjid Percontohan Tingkat Sumatera Barat dan sedang menuju ke tingkat nasional. Selain itu, MAN 2 Agam juga berhasil meraih prestasi pada kompetisi madrasah tingkat nasional di cabang ilmu matematika," tambahnya.